Pages

Rabu, 19 Januari 2011

Kemenkes Selidiki Wabah Legionella di Bali

bakteri legionella, legionella, gambar bakteri legionellaKementerian Kesehatan akan terus menyelidiki dugaan adanya wabah legionella di pulau dewata (bali), setelah ada laporan beberapa turis Australia yang terkena serangan bakteri tersebut. Bakteri tersebut menyerang saluran pernapasan hingga menimbulkan gejala-gejala seperti radang paru-paru (pneumonia).

Tjandra Yoga yang disaat kesempatan itu didampingi oleh Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menambahkan, selama melakukan penyelidikan atas kemungkinan terjadinya wabah legionella di Bali, Dinas Kesehatan setempat telah melakukan disinfektanisasi terhadap lokasi-lokasi yang diduga menjadi tempat penularan. "Ada dua daerah yang dilakukan disinfektanisasi," ujar Tjandra.

Tjandra mengungkapkan, pihak Kementerian Kesehatan Australia juga telah menghubungi pihak indonesia mengenai kemungkinan adanya wabah di Australia lewat jaringan IHR yang diikuti oleh kedua negara. Adanya jaringan tersebut memang mewajibkan suatu negara untuk melaporkan adanya dugaan kasus wabah agar dapat ditangani dan untuk antisipasi penularan selanjutnya.

"Negara Indonesia sejak 2007 telah mengimplementasikan dokumen IHR, sehingga kasus legionella dengan cepat kita informasikan dan segera mengambil tindakan pencegahan agar tidak menimbulkan wabah di masing-masing negara," ujar Tjandra.

Sementara itu, sepuluh orang turis asal Australia telah dipulangkan karena terjangkit penyakit legionella yang merupakan suatu penyakit infeksi disebabkan oleh bakteri legionella dan menyerang saluran napas di paru-paru.

"Saya dengar, legionella juga menimbulkan outbreak di kampung halaman turis tersebut. Bahkan sudah ada tiga orang yang dinyatakan positif mengidap legionella," tutur Chandra Yoga.

Dijelaskan, legionella merupakan bakteri yang menyerang saluran pernapasan sehingga menimbulkan gejala semacam radang paru-paru. Bakteri itu bisa hidup di dalam air selama beberapa bulan dan sering terdapat dalam cairan sistem pendingin ruangan.

Dari beberapa penelitian, angka kematian akibat penyakit tersebut sekitar 15 persen. Selain menimbulkan peradangan, legionella juga menyerang ginjal, saluran pencernaan, dan sistem saraf.

"Keluhan penderita biasanya batuk yang cukup hebat, tetapi tidak banyak dahak disertai demam yang cukup tinggi.

Selain itu, penderita kelihatan lemah, mengeluh pegal-pegal, sakit perut, mual dan mungkin diare. Pada penderita bisa juga ditemukan penumpukan cairan di selaput paru-parunya," tuturnya.

Lewat foto rontgen dada, menurut Tjandra, akan tampak gambaran seperti pneumonia pada umumnya. Begitu juga pada pemeriksaan dokter. Pada pemeriksaan darah akan ditemukan berbagai kelainan seperti peningkatan jumlah sel darah putih berkisar 10.000-20.000.

Penyebaran bakteri legionella bisa berlangsung sporadis. Jika ditemukan berbagai keluhan seperti yang telah dibahas pada suatu ruangan ber-AC, dianjurkan segera menghubungi dokter karena pengobatan harus dilakukan sedini mungkin. Apabila penyakit dibiarkan berkelanjutan, akan terjadi keterlambatan dalam penanganan yang mungkin bisa berakibat fatal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar