Pages

Rabu, 26 Januari 2011

Manfaat Kelapa Muda

kelapa muda, kelapa, air kelapaPenasaran dengan manfaat buah kelapa, setelah cari di internet ternyata manfaat air kelapa muda banyak sekali manfaatnya. Berikut adalah manfaat air kelapa untuk kesehatan:

1. Mengandung nutrisi, vitamin dan terutama mineral. Cocok untuk melawan dehidrasi. Mirip seperti cairan yang banyak diiklankan tapi jauh lebih bagus karena lebih lengkap dan tanpa tambahan bahan kimia. Bahkan di dalam keadaan darurat, air kelapa muda yang steril dapat digunakan langsung sebagai cairan infus.

2. Boleh dikatakan fat free dan tanpa kolesterol.

3. Rendah gula tapi rasanya enak (dalam volume yang sama, kadar gulanya hanya 20% dari jus apel).

4. Bagus untuk sistem urinari (dapat menghilangan batu ginjal) dan reproduksi (ehm).

5. Mengurangi plak pada arteri (setidaknya pada anjing percobaan) sehingga bagus untuk jantung. Menyeimbangkan kolesterol jahat dan baik.

6. Bagus untuk sirkulasi darah sehingga mengurangi tekanan darah (statement ini diapprove oleh FDA) dan baik untuk penderita diabet. Tapi ada paper dari peneliti Indonesia yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh kelapa mudah pada tekanan darah (papernya perlu riset lebih lanjut menurut saya karena diukur dalam jangka pendek dan samplenya cuma 20 orang-an).

7. Mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan anti kanker.

Dari berbagai forum ada yang mengatakan kerugian air kelapa muda adalah meningkatkan asam urat walaupun saya agak meragukan karena sumbernya anonim. Dari pengalaman saya pribadi sih tidak terasa efek pegal-pegal. Coba nanti kalau dites dalam jangka panjang ya. Kalau anda mau mencoba, jangan beli yang sudah jadi, beli yang berbentuk masih buah dan langsung diminum secepatnya setelah dibuka.

Dengan kondisi di Indonesia mudah sekali memperoleh air kelapa muda, sangat disayangkan penelitiannya masih sedikit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar