Pages

Senin, 16 Juni 2008

Sembelit pada Wanita

gelenium......

Sembelit adalah keadaan dimana sistem pembuangan ( buang air besar ) tidak lancar.

Memang pada setiap orang kebiasaan buang air besar berbeda satu sama lain , ada yang sehari tiga kali tetapi ada juga yang tiga kali sehari . Namun yangdisebut sembelit adalah apabila buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Sembelit terjadi bila buang air besar terhambat tidak seperti biasanya disertai nyeri perut , tinja kecil , kering dan keras , sehingga sulit dikeluarkan dan harus dengan mengejan .


Pada keadaan sembelit terjadi penyerapan air dari usus besar secara berlebihan . Oleh sebab itu tinja di dalam usus akan mengeras . Keadaan ini akan menyulitkan usus dalam mengeluarkan limbah biologis . Penderita sembelit untuk buang air besar harus memberi tekanan perut , atau mengejan kuat-kuat . Kalau terjadi berulang – ulang dinding usus akan mengalami gangguan seperti timbulnya divertikulosis .


Pada divertikulosis dinding usus ke arah luar akan muncul benjolan – benjolan atau kantung-kantung, yang akan menyulitkan kerja usus . Akibat divertikulosis maka pengeluaran tinja seringkali tidak tuntas , beberapa bagian kecil tinja tertinggal pada benjolan usus, yang akan menjadi ladang subur bagi pertumbuhan kuman penyakit . Tekanan yang kuat dan berulang juga dapat menyebabkan terjadinya hemoroid ( wasir ) , yaitu terjadi pelebaran pembuluh darah disekitar usus besar .


Pada saat hamil sering terjadi gangguan pencernaan antara lain sembelit . Sembelit terjadi pada wanita hamil akibat adanya tekanan pada rektum&usus bagian bawah. Hal ini diperberat dengan gerakan otot di dalam usus yang diperlambat akibat tingginya kadar hormon progesteron dan tekanan akibat adanya janin dalam perutnya.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membantu mengatasi sembelit pada wanita hamil yaitu :

  • Lakukan olahraga ringan minimal 20 menit setiap hari

  • Banyak minum air

  • Banyak makan makan berserat seperti sereal , sayur sayuran dan buah buahan

  • Jangan terlalu banyak makan makanan seperti roti tawar , nasi ,dll


Pada bayi juga bisa terjadi sembelit karena pencernaan yang belum kuat .Sembelit pada bayi juga dipengaruhi oleh makanan dan emosi , kecemasan perubahan irama kerja usus akibat perubahan menu makanan serta kurangnya serat atau cairan dalam menu makanan bisa menjadi penyebab sembelit pada bayi .


Oleh sebab itu supaya bayi mendapatkan zat – zat yang diperlukan untuk pertumbuhannya serta mencegah sembelit dianjurkan terus memberi ASI pada bayi .


Biasanya untuk wanita hamil dan bayi yang mengalami sembelit dokter memberikan resep obat pencahar berupa laxative rectal / supositoria yang digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam anus yang aman diberikan pada wanita hamil , dan bayi.


Bila cara-cara di atas belum berhasil, penggunaan obat-obat pencahar dapat di pertimbangkan namun harus di pilih sesuai dengan indikasinya, aman untuk wanita hamil dan hanya bekerja lokal yaitu bukan obat yang diberikan secara oral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar