Pages

Jumat, 28 Januari 2011

Cara Menurunkan Berat Badan

berat badan, dietDi masa modern ini ada masalah yang sangat serius untuk di bahas dan di kaji ulang tebtang masalah berat badan di dalam dunia kesehatan. Salah satu cara untuk mencegah skenario ini adalah untuk membuat orang sadar akan risiko kelebihan berat badan atau obesitas.

Dengan berat badan yang berlebihan, anda telah menempatkan diri anda dalam risiko terserang penyakit – penyakit berikut:

1. Jantung
2. Stroke
3. Diabetes
4. Kanker
5. Rematik
6. Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan berat badan membantu untuk mencegah dan mengendalikan penyakit ini. Banyak metode untuk cepat menurunkan berat badan yang tidak memberikan hasil yang langgeng. Lebih sering daripada tidak, metode diet yang melibatkan minuman, makanan dan suplemen atau pil pelangsing tidak bekerja. Kalau pun iya, hasilnya hanya sementara.

Dalam mencegah masalah ini lebih baik mengandalkan cara sehat menurunkan berat badan yang akan memberikan hasil seumur hidup. Anda harus menetapkan tujuan realistis dan tidak berharap untuk kehilangan terlalu banyak berat badan dalam rentang waktu sangat singkat.

Berikut adalah beberapa tips cara sehat menurunkan berat badan:


1. Jangan membuat diri Anda kelaparan.

Kunci untuk cara sehat menurunkan berat badan adalah: Jangan diet.

Anda mungkin tampak bahagia dan merasa bahwa Anda kehilangan lipatan lemak pada perut dan paha dengan melewatkan waktu makan. Tapi ingat bahwa ini tidak akan bertahan lama. Tubuh Anda tidak dapat mentolerir kekurangan makanan untuk bahan bakar energi yang Anda gunakan sehari-hari.

Jika Anda terbiasa untuk melewatkan satu atau dua kali waktu makan sehari, kalori Anda yang tersimpan akan digunakan menggantikan energi yang seharusnya disediakan oleh makanan Anda. Jadi, jika Anda hanya makan sandwich raksasa dalam satu hari, itu akan berakhir langsung ke permasalahan Anda (yakni paha, pantat, pinggul).

2. Mulailah hari Anda dengan benar.

Ibu selalu mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Makananlah yang sehat di pagi hari untuk melejitkan metabolisme.

Asupan makanan Anda setelah Anda bangun akan digunakan untuk membakar lemak sepanjang hari.
3. Seringlah makan makanan dalam porsi kecil dan sehat.

Lima kali cemilan kecil per hari adalah lebih baik daripada tiga kali makan besar. Makan lebih sering, dan dalam porsi kecil, dapat mencegah makan terlalu banyak. Ini juga akan meningkatkan metabolisme dan membuat membakar kalori lebih cepat.
4. Hindari terlalu banyak gula.

Rencanakan menu diet anda dengan banyak buah-buahan dan sayuran, beberapa roti, nasi atau pasta untuk kebutuhan karbohidrat Anda, ditambah daging tanpa lemak dan makanan yang kaya protein. Makanan yang manis, soda dan kue kering hanya boleh dikonsumsi sekali-sekali saja.
5. Minum banyak air.

Tubuh Anda membutuhkan air yang cukup untuk membakar lemak dan menjaga sel-sel Anda tetap terhidrasi dan sehat.
6. Putuskan berapa banyak berat badan Anda ingin turunkan.

Jaga agar tujuan Anda realistis. Dalam jangka waktu yang realistis, maka hampir tidak mungkin bagi Anda untuk kehilangan 20 kilogram dalam 2 minggu. Milikilah pola pikir bahwa Anda ingin makan sehat untuk tetap sehat seumur hidup Anda.

Sekali Anda telah memutuskan untuk mengikuti rencana atau program menurunkan berat badan, jalanilah dan pastikan bahwa Anda mengikuti serangkaian aturan diet Anda sendiri.
7. Perhatikan asupan lemak Anda.

Lemak bukan menjadi penyebab kelebihan berat badan. Anda perlu ini untuk menjaga berat badan Anda pada tingkat yang tepat.

Ada yang disebut lemak sehat. Zaitun, kacang dan minyak canola memilikinya. Tuna, salmon dan mackerel memiliki lemak omega-3 yang baik bagi jantung.
8. Olah Raga.

Abaikan mobil Anda jika Anda hanya akan pergi beberapa blok dari rumah, naik tangga bukan lift, joging, bersepeda atau bersepatu roda. Gunakan kegiatan-kegiatan dan tugas-tugas rumah jika Anda terlalu malas untuk pergi ke pusat kebugaran dan mengambil kelas olahraga. Pastikan bahwa Anda melakukan ini secara teratur dan Anda bahkan tidak akan menyadari bahwa Anda telah menurunkan berat badan dengan kegiatan sehari-hari ini.

Tidak peduli berapa banyak berat badan yang Anda rencanakan untuk turun. Yang penting adalah bahwa Anda menetapkan tujuan yang realistis bagi diri Anda sendiri. Jika Anda telah kehilangan 2 atau 3 kilogram, beri diri Anda istirahat kemudian coba untuk kehilangan 3 kilogram berikutnya. Berat badan Anda akan turun dengan cukup cepat.

Makan sehat, minum banyak air, tidur yang cukup dan olahraga. Ini akan memberi Anda kesempatan yang lebih tinggi untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda, yang akan menjadikan Anda pribadi yang baru dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar