Pages

Jumat, 28 Januari 2011

Manfaat Buah Cheri

ceri, buah ceri,gambar ceriBuah cheri adalah buah yang berwarna merah dan sangat menarik, buah tersebut biasanya banyak di gunakan untuk hiasan pada kue, atau hiasan dalam minuman. Makan cheri, bisa menurunkan risiko sakit jantung? Hasil penelitian ini tak berlebihan. Itu sebabnya, cheri dijuluki si ‘buah super’.

Cara kerjanya, jelas para peneliti dari Universitas Michigan, Amerika, adalah dengan menurunkan kadar kolesterol dan menekan terjadinya peradangan. Kesimpulan yang dirilis pada pertemuan tahunan American Dietetic Association ini, juga menemukan manfaat lain cheri. Yakni, menurunkan berat badan yang juga berpotensi memicu risiko penyakit jantung.

Penelitian dilakukan pada sekelompok tikus yang diberi makan campuran cheri. Setelah 12 minggu, tikus yang makan cheri tersebut menunjukkan penurunan kadar lemak sebesar 14 persen dibandingkan yang tidak diberi campuran cheri. “Konsumsi cheri ini bisa mempengaruhi kerja gen yang berhubungan dengan lemak,” terang Dr Steven F. Bolling, Ahli Bedah Jantung dari Cardiovascular Centre Universitas Michigan. Merujuk pada kesimpulan American Heart Association, obesitas merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Setidaknya, dua dari tiga orang di Amerika mengalami kelebihan berat badan ini.

Kue tart cheri, atau produk olahannya seperti cheri yang dikeringkan, dibekukan atau dalam bentuk jus, memiliki khasiat sebagai antioksidan.

Karena mengandung anthocyanins (anti radang) yang terdapat pada warna merah cerah buah tersebut. Sampai saat ini, tak kurang dari 65 penelitian telah dilakukan untuk membuktikan khasiat cheri ini, yang dipublikasikan dalam Cherry Nutri tion Report.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar